7 Cara Membangun “networking”

Setelah berkenalan dan berbincang-bincang dengan rekan baru, Anda dapat merencanakan tindak lanjut dari hubungan tersebut. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan menjadwalkan pertemuan selanjutnya atau berkomunikasi lewat telepon dan media sosial. Maka, Anda perlu menentukan goal rekan bisnis yang ingin didapatkan.

Networking

Nah, kamu semua pasti sudah sangat menyadari bahwa orang terdekatmu baik itu sahabat, teman, keluarga maupun saudara merupakan salah satu tempat promosi terbaik. Tetapi dalam sebuah bisnis, ada satu lagi tempat promosi terbaik yaitu ke relasi baru bisnis on-line yang sedang kamu jalani. Walaupun kelihatannya sepele, dengan meluangkan waktu Anda selama 5 menit untuk membantu orang lain, Anda sebenarnya sedang dalam proses membangun networking untuk jangka panjang.

Malu adalah hambatan yang sering menjangkiti sebagian orang, khususnya mahasiswa fresh graduate dan karyawan baru. Namun rasa malu bukanlah hambatan besar jika Anda cerdik dalam mengakalinya. Jika Anda pemalu, carilah situasi atau kegiatan yang paling membuat Anda nyaman dan gunakan acara tersebut sebagai sarana networking. Misalnya, berpartisipasi dalam komunitas hobi, menjadi sukarelawan, ikut lomba akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu orang-orang yang memiliki kesamaan.

Contohnya, dalam satu bulan Anda ingin berjejaring dengan dua atau tiga orang atau beberapa perkumpulan pengusaha. Nah, setelah kamu bergabung, sebaiknya cobalah membangun relasi dengan anggota-anggota lainnya di dalam organisasi/komunitas pengusaha tersebut. Kamu bisa memulainya dengan mencari orang-orang yang merintis bisnis yang sama denganmu, bisa saja mereka nantinya akan bisa menjadi mitra bisnismu. Mulailah membangun networking dengan berbasa-basi dengan teman sekelas dulu dan menanyakan kabar. Jika sudah, Anda dapat memperlebar lingkaran dengan menghampiri murid kelas sebelah yang dulu pernah Anda kenal. Dengan demikian, ajang reuni juga bisa menjadi salah satu ajang networking yang efektif.

Dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada, akan sangat membantu anda bertemu dengan banyak orang-orang baru dari kalangan mana saja. Tentunya anda dapat memanfaatkan momen ini untuk menambah relasi dan memperluas networking. Anda dapat mengikuti kepanitiaan, seminar, lomba dan kegiatan aktif kampus lainnya. Anda juga dapat menyisihkan waktu disela-sela kesibukan dengan menjadi tenaga sukarela di organisasi sosial yang menarik perhatian Anda. Karena kerja sukarela juga meminta komitmen seperti halnya kerja professional, Anda dan koneksi yang Anda dapatkan kemungkinan besar memiliki prinsip dan etos kerja yang sama.

Jadi, semua suggestions untuk menjadi seorang master dalam networking telah kita bahas. Hal ini mungkin tidak mudah, tapi dengan berpikir dengan siapa Anda telah menghabiskan waktu akan membantu Anda untuk memastikan kalau Anda sudah berada di jalan yang tepat. Orang-orang suka bertemu dengan orang baru yang melempar senyum dulu dan have fun. Kita tidak mencoba untuk menjual produk atau apa pun kepada orang lain . Networking merupakan salah satu elemen yang penting ketika Anda sedang membangun dan menjalankan bisnis.

Comments are Disabled