Prosedur Pelaksanaan Komunikasi Bisnis Komunikasi Tertulis Pada Pt Asuransi Kesehatan Indonesia Persero Regional V Jawa Barat

Kita semua tahu bahwa dalam hubungan bisnis, mustahil jika kita tidak memiliki konflik dengan pihak lain. Oleh karena itu, jangan remehkan keterampilan ini jika kita benar-benar ingin meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis kita ya, rekan-rekan. Meskipun semua organisasi atau bisnis harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak dalam mencapai tujuannya, perlu diketahui bahwa pendekatan yang dipakai antara satu organisasi dengan organisasi yang lain dapat bervariasi atau berbeda-beda. Bagai perusahaan berskala kecil yang hanya memiliki beberapa karyawan, penyampaian informasi dapat dilakukan secara langsung kepada karyawannya tersebut.

Inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya proses perubahan prilaku dari tidak tahu menjadi tahu dari tidak paham menjadi paham. Didalam UU No. 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal three disampaikan tujuan pendidikan nasional. Arus perekonomian diberbagai belahan dunia menunjukan tingkat peradaban negara bersangkutan. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, terutama teknologi informasi sebagai sarana komunikasi dan informasi. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang berkomunikasi dengan sesamanya melalui berbagai media komunikasi yang berbentuk media elektronik maupun non elektronik. Media komunikasi non elektronik yang lazim dikenal oleh masyarakat awam diantaranya adalah bahasa isyarat, surat menyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid.

Berkomuniikasi dalam bisnis

Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka. Menurut Dale Carnegie dalam bukunya “How to Win Friends and Influence People”, rahasia terbesar yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam berurusan dengan manusia adalah dengan memberikan penghargaan yang jujur dan tulus. Seorang psikolog yang sangat terkenal William James juga mengatakan bahwa “Prinsip paling dalam dari sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai”. Ini adalah suatu rasa lapar manusia yang tak terperikan dan tak tergoyahkan.

Kondisi tersebut secara tidak langsung akan membuat budaya bisnis menjadi lebih kuat dan erat. Atmosfir kerja menjadi lebih sehat, positif, dengan kepuasan karyawan yang terus meningkat. Komunikasi Eksternal adalah proses komunikasi yang dilakukan terhadap pihak-pihak eksternal. Perusahaan dengan pelanggan, perusahaan dengan mitra seperti Vendor, dan perusahaan dengan pemerintah khususnya dalam pembahasan peraturan daerah dan lain-lain.

Oleh karena itu, Internet memiliki perannanya yang penting dalam perkembangan bisnis. Adapun perkembanganya bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional dan pelayanan jasa. Tanpa komunikasi bisnis yang efektif, seorang manajer tidak dapat melaksanakan fungsi-fungsi dasar dari manajemen secara efisien.

Comments are Disabled