Suggestions Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

Targetnya hemat energi harus menjadi budaya seluruh komponen masyarakat. Selain hemat biaya, hemat energi lebih mudah dilakukan daripada menciptakan energi untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Tapi, ketika menggunakan kartu kamu akan lebih mudah untuk mengeluarkan uang. Sebab, kalau kamu menggunakan metode “gesek” kamu tidak benar-benar merasakan uang itu hilang dari dompet kamu.

Untuk jangka pendek, tempatkan saja uang kita di investasi yang fluktuasinya stabil dan likuid atau mudah dicairkan. Sementara itu untuk jangka panjang, tempatkan di instrumen yang bisa memberikan imbal hasil tinggi meski fluktuasinya sedikit lebih tinggi. Bukan cuma itu, jika pelanggan atau klien makin banyak, bisa saja penghasilan bisnis kita mengalahkan gaji bersih di tempat kerja kita sekarang. Namun dengan memiliki bisnis sampingan, kita pun bisa mendapatkan pemasukan sampingan yang besar. Memiliki pemasukan sampingan tentu bisa membantumu dalam menambah penghasilan bulanan dan menyehatkan keuangan. Hidup tentunya penuh dengan risiko yang dapat mengganggu kestabilan keuangan kita dan membutuhkan pengeluaran mendadak yang besar.

Hal ini tentu sama-sama mempermudah kedua pihak, baik dari para penjual maupun calon konsumen. Konsumen menerima informasi dengan cara lebih mudah dan fleksibel karena tidak perlu mengunjungi toko konvensionalnya sehingga dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya. Karena itu, mengurangi penggunaan alat listrik yang tidak perlu akan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, kita dapat mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan dan mematikan lampu saat siang hari. Sedangkan untuk orang pelit, biasanya mereka akan lebih memilih barang dengan harga murah agar uang mereka tidak banyak terkuras, walaupun dengan kualitas yang tidak terlalu bagus. Si Anak akan lebih menikmati makanan yang dibeli di luar ketimbang masakan orang tua.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mencuci kendaraan dengan selang bertekanan yang bisa menghemat hingga 80% penggunaan air. Untuk itu, mari kita mulai menghemat air untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan dompet tidak semakin tipis. Manusia yang sangat bergantung dengan air tentu saja membutuhkan sumber air yang bersih untuk memastikan hidup yang sehat dan higienis.

But darling, ada lho cara untuk berhemat yang mudah dan tidak menyiksa kamu. Sekarang tren energi alternatif sudah mulai digunakan, namun untuk masa depan dan lingkungan, harus lebih digalakkan lagi. Selain bisa menghemat waktu ketika mencuci mobil, alat ini juga disebut dapat menekan penggunaan air hingga 80%. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menyalakan keran air hanya jika dibutuhkan saja ya, Sahabat 99. Banyak orang tidak sadar jika kegiatan menggosok gigi bisa menjadi penyebab pemborosan air.

Hal yang bisa dilakukan ketika kita sedang berhemat

Demi bisa menabung, tak sedikit orang uang rela mengurangi kebutuhan primer seperti makan, pakaian hingga gaya hidup lainnya. Jelaskan pula untuk membeli segala sesuatu sesuai dengan kebutuhannya dan secukupnya. Kita perlu menanamkan nilai bahwa tidak semua yang anak lihat harus dibeli, sekalipun mereka memiliki uangnya.

Tidak hanya rumah kos saja yang menganjurkan penggunaan air secara hemat, kita juga harus menerapkannya di rumah sendiri. Menggunakan air secara berlebihan akan menghabiskan energi listrik secara berlebihan juga. Supaya tidak banyak menguras energi listrik, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan toren penampungan air. Dengan menganalisa itu, kamu bisa memperkecil kebiasaan belanja yang dilakukan.

Satu keunggulan lain yang bisa dirasakan kalau menerapkan pola hidup hemat adalah terhindar dari stres. Bagi orang boros, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya yang begitu banyak adalah dengan berutang. Bila itu dilakukan secara terus menerus, tentu utang yang dimiliki akan semakin menumpuk dan sulit untuk dilunasi. Petuah ini bisa menjadi penyelamat Anda melewati situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Jika saat ini dana darurat Anda belum best – yaitu minimal tiga kali untuk lajang dan minimal enam kali untuk yang telah berkeluarga – maka janganlah boros untuk pos-pos tersier.

Mulai dari kamu mungkin yang biasanya sering membeli kopi di coffeshop maka sekarang ini bisa setiap pagi saja membuat kopi sendiri di rumah. Hal seperti itu tentu akan membuat kita jadi berhemat jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, kami menyarankan supaya kamu menjadikan hal-hal kecil seperti itu secara rutin. [newline]Misalnya kamu biasa membeli makan siang di luar dan itu terkadang menghabiskan uang yang lumayan banyak.

Comments are Disabled